SYAWALAN PANTAI “ISTAMBUL” KARANGTENGAH DEMAK


KARANGTENGAH, DEMAK – Ribuan masyarakat baik lokal maupun luar daerah tampak antusias memadati pembukaan acara Syawalan yang berpusat di Pantai “Istambul” (Istana Tambakbulusan) Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah, Rabu (12/6) kemarin.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Karangtengah Sofiyan, SE, Akt yang didampingi jajaran Forkompincam setempat dan Kepala Desa Tambakbulusan.
Camat Karangtengah menekankan, selain sebagai perayaan yang telah menjadi kearifan lokal warga Tambakbulusan secara turun temurun, Syawalan yang digelar 7 hari setelah Idul Fitri itu juga dapat menjadi sarana promosi dan aset wisata Desa Tambakbulusan.
“Kegiatan syawalan sekarang telah menjadi tradisi yang berkembang, diharapkan juga dapat menjadi aset wisata sehingga bermuara meningkatkan pendapatan daerah,” ungkapnya.
Camat Karangtengah Sofiyan, SE, Akt juga menyebutkan, pengembangan pariwisata penting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Apalagi, melihat beberapa potensi di Desa Tambakbulusan seperti lokasi nuansa hutan Mangrove di sepanjang jalan menuju ke Pantai Istambul menambah nilai keindahan tersendiri, dan juga sarana perahu untuk menuju hutan mangrove.
“Menurut masyarakat setempat dan sekitarnya, selain sebagai tempat wisata Pantai Istambul juga untuk tujuan pengobatan. Banyak orang yang datang ke pantai ini mempercayai dengan mandi di pantai ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya batuk, asma, gatal-gatal, dan lain sebagainya ” imbuh Sofiyan, SE. Akt.
Syawalan ini merupakan pelestarian tradisi/ budaya daerah, mari kita tingkatkan sarana promosi wisata Pantai Istambul yang tidak kalah menariknya dengan wisata daerah lain” Camat Karangtengah Sofiyan, SE, Akt mengajak seluruh elemen baik pemerintah maupun masyarakat bekerjasama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *