“APITAN” DESA WONOKERTO


Wonokerto-Setiap bulan Apit atau bulan Dzulqoidah dalam bulan Hijriyah, masyarakat Desa Wonokerto Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Jawa Tengah menggelar acara rutin yang disebut “Apitan”.
Dalam acara Apitan kali ini Kepala Desa Wonokerto, Bambang yang merupakan orang yang dituakan di desa Wonokerto mengadakan karnaval keliling Desa Wonokerto yang diikuti oleh perwakilan setiap kampung dengan membawa “gunungan” hasil bumi, Minggu (28/7). Ini merupakan bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan anugerah untuk panen hasil bumi warga Wonokerto, ungkap Bambang. Gunungan ini akan dinilai dan dipilih oleh Tim Penilai sebagai apresiasi kepada warga untuk dinyatakan sebagai juara.
Dalam kesempatan kali ini Camat Karangtengah, Sofiyan juga ikut dalam peserta karnaval tersebut dengan menaiki kereta kuda yang sudah disediakan dari panitia karnaval desa Wonokerto bersama jajaran Forkompincam juga. Karnaval berakhir di panggung hiburan di sudut jalan menuju masjid Desa Wonokerto.
Dalam sambutannya Camat Karangtengah menyampaikan “Memayu Hayuning Buwana” yaitu agar tradisi ini perlu dijaga dan dilestarikan sebagai bentuk syukur kita.(Tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *