KIRAB BUDAYA “APITAN” DESA GROGOL


Grogol-Dalam kegiatan sedekah bumi yang merupakan wujud syukur warga masyarakat Desa Grogol Kecamatan Karangtengah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen mereka, tahun ini menyelenggarakan acara Istighotsah, Kirab Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit. Acara ini disebut juga “Apitan” karena pas jatuh pada bulan Apit (dalam bulan Jawa) yang dalam bulan Hijriyah adalah bulan Dzulqoidah.
Dalam acara istighotsah yang dihadiri oleh para kyai, ulama, sesepuh dan warga Desa Grogol telah hadir pula Camat Karangtengah Sofiyan, dilaksanakan hari Selasa pagi(30/7).
Setelah acara istighotsah selesai, siangnya sekitar pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan kirab budaya dengan keliling desa Grogol. Peserta sebagian ada yang naik kereta kuda yang disediakan oleh panitia, termasuk juga Camat Karangtengah Sofiyan, sebagian ada yang naik kereta mini dan juga ada yang jalan kaki, yang semuanya didandani dan hias dengan meriah.
Pada malam harinya, Apitan di Desa Grogol kali ini menyelenggara pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan mengambil dalang dari Desa Kadilangu Demak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *