Rakor Menghadapi Musim Penghujan, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor Tingkat Kecamatan Karangtengah

kec.karangtengah– Dalam rangka memasuki dan mengahadapi bulan penghujan, Kecamatan Karangtengah mengadakan rapat koordinasi (Rakor)  Menghadapi Musim Penghujan, Angin Topan dan Tanah Longsor tingkat Kecamatan Karangtengah hari ini, Senin (9/12).

Sebagai Narasumber dalam hal ini adalah Camat Karangtengah, Sekcam Karangtengah, Danramil dan Kapolsek. Sedangkan peserta rakor yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Karangtengah tersebut terdiri dari unsur kecamatan, desa, Koramil dan Polsek dan instansi terkait di wilayah Kecamatan Karangtengah.

Camat Karangtengah Sofiyan, SE. Akt mengungkapakan, akhir-akhir ini kita menghadapi cuaca yang extrim,  hujan yang turun selalu disertai angin kencang. Baru beberapa hari yang lalu, beberapa rumah di Desa Ploso rusak akibat terjangan topan. Maka sebagai antisipasi akan terjadinya bencana yang tidak diinginkan kita harus berusaha meminimalisir hal-hal yang bisa mengakibatkan kerusakan akibat bencana tersebut, ajak Sofiyan, SE, Akt. Walaupun semua bencana yang terjadi adalah atas izin dari Allah SWT, sebagai manusia perlu berusaha (ikhtiar) untuk mengantisipasi agar semuanya selamat, imbuhnya.

Sekretaris Kecamatan Karangtengah Lilik Handoyo, S.Sos juga menambahkan bahwa Kecamatan wajib membuat Posko Siaga Bencana, yang anggotanya terdiri dari Kecamatan, Polsek, Koramil, Dinas/Instani dan Desa. Untuk menindaklanjuti rencana tersebut akan ada piket setiap hari di Posko yang ditempatkan di Kantor Kecamatan Karangtengah dan bagi desa bisa menugaskan Linmas untuk piket di Posko Siaga Bencana. Tidak ada Anggaran dari Kabupaten Demak maupun dari Kecamatan Karangtengah terkait dengan Posko Siaga Bencana ini. Selain itu Lilik Handoyo, S.Sos juga menambahkan agar membuat Grup Siaga Bencana di Whatsapp agar koordinasi berjalan dengan baik, apabila ada kejadian Bencana, Informasi akan bisa tersampaikan dengan cepat. (TN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *