Berita

PMI Kabupaten Demak Semprot Disinfektan di Wilayah Kecamatan Karangtengah

Karangtengah,- Penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Karangtengah (Desa Karangsari, Desa Rejosari, Desa Karangtowo dan Desa, Wonowoso)┬áJum’at (19/06/2020).

Usaha-usaha untuk melakukan disinfeksi yang saat ini dilakukan secara sukarela oleh masyarakat perlu diapresiasi, namun perlu diberi edukasi untuk melakukan dengan tepat. Jangan sampai niat baik yang dilakukan justru memberikan dampak yang merugikan bagi kesehatan dan lingkungan Beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam pemyemprotan disinfektan :
1. Penyemprotan disinfektan langsung kepada manusia dan mahluk hidup lainnya (tumbuhan dan hewan) secara langsung tidak disarankan. Hal ini di samping tidak efektif, juga dikuatirkan akan mengganggu ekosistem mikoroorganisme pada lingkungan

2. Penggunaan bilik (chamber) untuk penyemprotan dengan disinfektan langsung kepada manusia tidak disarankan, kecuali menggunakan cairan antiseptik yang sudah dipastikan aman dan melindungi bagian tubuh yang terbuka terhadap paparan.

3. Untuk manusia, pencegahan terhadap penularan virus dapat dilakukan dengan sering cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer serta menjaga pola makan dan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. Penyemprotan disinfektan terhadap lingkungan perlu dipertimbangkan dengan membatasi jumlah dan daerah yang disemprot misalnya ruangan yang membutuhkan sterilitas di rumah sakit dan ruangan di mana terdapat PDP.

5. Cara terbaik menggunakan disinfektan adalah langsung mengelap/mengusapkan pada benda-benda, seperti permukaan meja, kursi, gagang pintu, tombol lift, dll yang diperkirakan rentan tertempel virus Covid-19. (Tim Gugus Tugas Covid 19 Kec. Karangtengah)

Karangtengan. (Jumat 19/6/2020).Penyemprotan desinfectan dan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Karangtengah (Desa…

Dikirim oleh Kec Karangtengah Kab Demak pada Jumat, 19 Juni 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *