Wonowoso

SEJARAH DESA WONOWOSO KECAMATAN KARANGTENGAH

Berdirinya Desa Wonowoso tidak lepas dari sejarah berdirinya kerajaan Demak, yang dipimpin oleh Raden Patah dan Sunan Kalijaga. Wonowoso terdiri dari dua suku kata yaitu wono dan woso, wono berarti hutan dan woso bererti besar jadi wonowoso berarti hutan yang lebat sekali dan hijau royo-royo.

Pada zaman itu wonowoso merupakan hutan belantara belum ada tanda-tanda kehidupan dengan perkembangan jaman datanglah seseorang bersama keluarganya orang itu akhirnya babat alas dan bertempat tingal di wilayah itu.

Yang pertama adalah Mbah Sukarsih dan Mbah Rono Sawit, dia ada di wilayah krajan dan disusul lagi oleh Mbah Sawi Joyo Malang yudho,yang konon adalah punggawa kerajaan demak yang mengasingkan diri dan ada di dusun Daon. Kemudian datang lagi Mbah Sidiq bertempat di wilayah Tugu bersama-sama Mbah Lugiyah.

Dan yang terakhir kali datanglah mbah sedeh yang bertempat tinggal di Dusun Dempel dan sampai sekarang orang-orang menyebutnya Danyang Desa.

Dengan kerjasama yang baik akhirnya membentuk suatu desa yang disebut Wonowoso Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.

Desa Wonowoso telah beberapa kali mempunyai Kepala Desa yaitu:

  1. Mbah Kiman (Alm)
  2. Mbak Susman (Alm)
  3. Mbah Suparman (Alm)
  4. Mbah Suratman (Alm)
  5. Bapak Sutarno (Alm)
  6. Bapak Siswoyo (1999 – 2015 )
  7. Bapak Nur Ahmad, A.Md (2015 – 2016 )
  8. Bapak Sujarwo (2016 – 2022 )

Desa Wonowoso memiliki luas wilayah 227 Ha dengan Jumlah penduduk 4.698 jiwa terdiri dari 7 RW dan 23 RT dengan 6 dusun antara lain:

  1. Dusun Dempel
  2. Desun Krajan
  3. Dusun Tugu
  4. Dusun Daon Lor
  5. Dusun Daon Kulon
  6. Dusun Perumnas

 

 

Desa Wonowoso berbatasan dengan Desa lain yaitu:

  1. Sebelah barat berbatasan dengan Desa Sidorejo
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Karangtowo
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Wonokerto
  4. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Rejosari

Demikian sedikit gambaran sejarah Desa Wonowoso yang kami sampaikan dan apabila ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

VISI

Terwujudnya Desa Wonowoso yang religius, bermartabat, adil,makmur dan sejahtera dengan tata kelola pemerintahan Desa yang baik dan bersih.

Visi pembangunan menengah Desa Wonowoso diatur dengan mempertimbangkan berbagai kekuatan, kelemahan, peluang, dan modal dasar pembangunan yaitu : “Terwujudnya Desa Wonowoso yang relegius, mandiri, berprestasi, sejahtera, dan madani”.

Dalam rangka untuk memberikan kesamaan persepsi maka perlu dijelaskan makna filosofi untuk setiap kata kunci sebagai berikut :

Relegius

Relegius adalah masyarakat yang mengamalkan dan mematuhi ajaran agama, sehingga terciptanya peradaban yang baik dan terwujudnya umat yang baik.

Bermartabat

Bermartabat adalah masyarakat yang mampu membangun mentalitas warga dan Desa wonowoso sehingga dengan semangat gotong royong yang tinggi dan berkreatif untuk proses pembangunan.

Adil

Adil adalah Pemerintahan/masyarakat yang berkeadilan didalam segala lini kehidupan.

Makmur

Makmur adalah membentuk kehidupan masyarakat yang berkemakmuran didalam memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya.

Sejahtera

Sejahtera adalah menciptakan masyarakat yang kehidupan yang sejahtera sejajar dengan desa-desa yang lain, berasaskan tertib hukum dan sadar politik dengan memperhatikan tuntutan dan dinamika masyarakat dalam suasana demokrasi.

MISI

Dalam rangka untuk mempertimbangkan pencapaian visi maka dirumuskan misi pembangunan jangka menegah Desa Wonowoso sebagai berikut:

  1. Melakukan reformasi system kinerja aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih,terbebas dari korupsi serta bentuk=bentuk penyelewengan lainnya
  3. Menyelenggarakan urusan pemerintahan desa secara terbuka, dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  4. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan berupapenyuluhan khusus kepada UKM wiraswasta dan petani
  5. Meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga menjadi desa yang majudan mandiri.

 

Untuk melihat Website Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah bisa di KLIK DIBAWAH INI

http://wonowoso.sideka.id/